Rabu, 25 Maret 2015

makalah kepegawaian



TUGAS KELOMPOK
ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN
MANFAAT CUTI TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA”
Disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran Administrasi Kepegawaian







DISUSUN OLEH :
1.       ARIN LARASNINGTYAS    (03)
2.       KRISTINA                                       (13)
3.       SUSANI                                 (26)





SMK NEGERI 1 BOYOLALI
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah S.W.T yang telah melimpahkan rahmat, taufik, serta hidayahNya kepada kami, yang pada kesempatan kali ini kami dapat menuangkan tinta untuk mengukir ilmu pengetahuan yang sangat di butuhkan dan semoga dapat bermanfaat bagi penulis serta semoga pula bermanfaat bagi pembaca.
Tidak lupa saya sampaikan banyak terima kasih kepada,Ibu Guru Pengajar Administrasi Kepegawaian, untuk ridho dan barokah dari beliau sangat kami harapkan menuju jalan ilmu yang manfaat. Terimah kasih juga atas semua pihak yang telah membantu terselesaikannya penulisan makalah ini.
Kami sangat mengharap kritik dan saran dari pembaca sehingga makalah atau ilmu ini bisa lebih senpurna dan bermanfaat bagi penulis, terlebih lagi bermanfaat bagi pembaca..Amin.


                                                                                                            Penyusun








DAFTAR ISI

1.      Kata Pengantar  .........................................................................................................     2
2.      Daftar Isi  ..................................................................................................................      3
3.      Bab I Pendahuluan
a)      Latar belakang pembuatan makalah .......................................................      4
b)      Rumusan masalah / Tujuan pembuatan makalah ...................................       4
4.      Bab II  Isi / Pembahasan
                   Manfaat cuti terhadap produktifitas kerja.......................................................    5
5.      Bab III Penutup
a)      Kesimpulan ...........................................................................................       6


















BAB I 
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang Masalah
Cuti adalah keadaan tidak masuk kerja yang diijinkan dalam jangka waktu tertentu.
Tujuan pemberian cuti adalah dalam rangka usaha untuk menjamin kesegaran jasmani dan rohani.
Cuti diberikan pada PNS yang telah memenuhi beberapa syarat, misalnya lamanya bekerja. Setiap PNS diberikan cuti setelah mengajukan surat izin cuti kepada pejabar yang berwenang membuat cuti.Cuti diberikan kepada PNS agar dapat meningkatkan produktifitas dalam bekerja dan tidak menimbulkan kejenuhan, dan stress yang dapat menurunkan produktifitas kerja.
Cuti dianggap mampu memperbaiki moral kerja hingga mampu mempertahankan, bahkan mampu meningkatkan pengetahuan para karyawan. Sebab slama cuti, membuat karyawan bisa mengisi hari2nya dengan kegiatan yg sifatnya refreshing. Menyegarkan diri dengan pergi ke tempat yg menyenangkan atau sekedar mengganti suasana.
Secara psikologis, cuti jga memiliki dampak positif.
Memberi kesempatan bagi karyawan untuk beristirahat dan melakukan peremajaan kembali atas kemampuan mereka. Karyawan akan kembali dari cutidengan prasaan yg lbih segar dan tajam dalam melakukan pekerjaannya.Yang diperoleh dari pemanfaatan cuti yang baik adalah kemampuan untuk memindahkan sudut dari mana dia memendang suatu masalah dan bisa mengatasi masalah itu dengan benar dan cepat

1.2    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah yang dibahas dalam makalah ini terinci sebagai berikut.
Apakah manfaat dari Cuti terhadap produktivitas kerja ?

1.3    Tujuan Penulisan
Mengetahui manfaat dari cuti terhadap produtifitas kerja.



BAB II
PEMBAHASAN


2.1  Manfaat cuti
Keuntungan mengambil cuti bagi karir  yang disampaikan oleh psikolog Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
1.        Menghilangkan jenuh
Mengambil cuti dapat bantu menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja. Buat cuti menjadi waktu liburan yang bisa membuat fresh lagi untuk bekerja. Jika sudah kembali fresh maka pekerjaan di kantor akan semakin mudah untuk diselesaikan.
2.        Menambah produktivitas
Saat sedang cuti, jauhkan pekerjaan dari hadapan PNS. Nikmati saja waktu santai dengan melakukan hal-hal yang disukai, misalnya berlibur, belanja, makan, salon dan sebagainya. Hal ini akan bantu kembali bersemangat dalam bekerja saat cuti berakhir. tentunya ini memberi pengaruh positif terhadap produktivitas kerja dan mampu meningkatkan performa kerja.
3.        Mendapat inspirasi baru
Melakukan hal yang baru, mengunjungi tempat-tepat baru di saat cuti dipercaya mampu memberi inspirasi yang berguna bagi peningkatan kinerja di kantor. 












BAB III
PENUTUP

3.1    Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kami tarik dari materi yang disampaikan di atas yaitu cuti diberikan kepada pegawai agar dapat :
1.         Menghilangkan jenuh
2.         Menambah produktivitas
3.         Mendapat inspirasi baru
Cuti dianggap mampu memperbaiki moral kerja hingga mampu mempertahankan, bahkan mampu meningkatkan pengetahuan para karyawan. Sebab slama cuti, membuat karyawan bisa mengisi hari2nya dengan kegiatan yg sifatnya refreshing. Menyegarkan diri dengan pergi ke tempat yg menyenangkan atau sekedar mengganti suasana.
Secara psikologis, cuti jga memiliki dampak positif. Sehingga setelah diberikannya cuti pegawai bisa meningkatkan produktifitas kerja dan dapat bekerja dengan lebih semangat.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar